Berita

BNN Gandeng BKKBN Gunakan Aplikasi CAPI Untuk Mendukung Penelitian Puslitdatin 2019

Bnn Gandeng Bkkbn Membangun Aplikasi Capi Guna Mendukung Penelitian Puslitdatin 2019
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

BNN dan BKKBN melakukan kerja sama dalam menggunakan aplikasi Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) dalam pelaksanaan Riset Potensi Desa dalam mendukung Program Pencegahan dan Pemberantasan  Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba Tahun 2019.  Penggunaan CAPI dalam riset ini merupakan pilot project  Puslitdatin BNN untuk melakukan efisiensi dalam penggumpulan data lapangan yang biasanya dilakukan secara konvensional dengan menggunakan kertas.  Penggunaan CAPI diharapkan dapat mendorong efisiensi dan efektivitas waktu dan penggunaan anggaran.

Terkait dengan akurasi data, CAPI memiliki kelebihan yaitu data yang dihasilkan akan lebih akurat karena dalam aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fungsi koreksi ketika ada kesalahan atau data yang belum lengkap terisi. CAPI juga membantu efisiensi waktu penelitian dengan menggabungkan tiga tahap pengumpulan data, cleaning data dan olah data.  Data yang dihasilkan CAPI dapat digunakan oleh Tim Peneliti untuk memasuki tahap selanjutnya yaitu tahap analisis data.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Puslitdatin BNN Dra. Endang Mulyani, M.Si membuka acara rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat VIP Lantai 1 BNN pada Hari Selasa 30 Juli 2019. Pada kegiatan rapat ini, Pranata Komputer Sukarno, M.MSI memberikan pengetahuan kepada para peserta rapat yaitu Kabid , Peneliti BNN, Perwakilan Bidang Data dan Informasi serta personil Puslitdatin BNN tentang cara membuat kuesioner digital berbasis aplikasi CAPI.  Ke depan, diharapkan dukungan teknologi akan terus dimutakhirkan guna mendukung pelaksanaan penelitian BNN. (SH)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel