Berita

Infografis Data P4GN, Data yang sangat Diminati Masyarakat

Infografis Data P4GN
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Layanan data dan informasi menjadi salah satu output dari penetapan kinerja Pusat Penelitian, Data dan Informasi. Layanan data yang dilaksanakan dan diberikan kepada instansi lain maupun masyarakat beragam bentuknya. Dalam perkembangannya layanan data dan informasi tidak terbatas pada bentuk buku bacaan. Di era digitalisasi layanan data dan informasi semakin variatif. Masyarakat modern ini telah menggunakan teknologi dalam kesehariannya sehingga informasi dalam bentuk infografis semakin diminati masyarakat. Infografis merupakan kombinasi antara data dengan grafis yang mampu memvisualisasikan informasi kompleks menjadi mudah dibaca dan dipahami dengan cepat.

Keunggulan utama infografis adalah kemampuannya menjelaskan cerita yang tidak dapat diceritakan oleh teks dan foto. Menurut penelitian mengenai infografis yang dilakukan oleh Barbara N. Miller dan Broke Bannet dalam majalan newspaper research journal tahun 2010, infografis efektif dalam memudahkan pembaca membaca sebuah konten informasi tanpa kesulitan menganalisa teks informasi. Selain itu, infografis juga mampu menyelesaikan kelemahan medium komunikasi teks dan gambar dengan mengkombinasikan keduanya. Infografis lebih menarik perhatian karena masyarakat cenderung menyukai konten visual karena menarik, lebih mudah dipahami dan menghibur. Infografis juga lebih mudah dimengerti dan diingat dibanding informasi yang hanya mengandung elemen teks saja.

Rapat dibuka oleh Kabid TIK Puslitdatin Agustinus Widdy H., S.Kom, M.Si bertempat di lantai 4 Gedung BNN yang dilaksanakan tanggal 1 April 2019 dihadiri oleh perwakilan dari satuan kerja di lingkungan BNN.

Dalam sambutannya Kabid TIK menyampaikan beberapa hal antara lain : Data P4GN begitu beragam, dari pemberantasan, pencegahan, penyalahgunaan sampai hasil survei narkoba,  agar mudah dimengerti dan dipahami maka perlu dibuat infografis,  Data-data yang perlu dimunculkan dalam sebuah infografis adalah data hasil survei BNN, data demand reduction dan data supply reduction tahun 2018, dll.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel