Publikasi

Rapat Persiapan Pengumpulan Data Riset Operasional Potensi Desa dalam mendukung Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tahun 2019.

Dibaca: 163 Oleh 13 Sep 2019Oktober 12th, 2019Tidak ada komentar
Rapat Persiapan Pengumpulan Data Riset Operasional Potensi Desa dalam mendukung Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tahun 2019.
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

bnn.go.id, Jakarta – Tahun 2019 Pusat Penelitian Data dan Informasi BNN (Puslitdatin BNN), 13 September 2019

Kegiatan ini merupakan tahap akhir persiapan pengumpulan data lapangan riset potensi desa dalam mendukung Program P4GN. Pengumpulan data dalam survey yang dilakukan BKKBN ini tidak lagi menggunakan kuesioner kertas atau paper base melainkan menggunakan smartphone dengan aplikasi ODK alias Open Data Kit. Dan di tahun 2017 aplikasi pengumpulan data diperbaharui dengan menggunakan aplikasi Mobile Collection (MOCO). Pelaksanaan Survei menggunakan aplikasi ini memberikan banyak kelebihan diantaranya :

  1. Lebih hemat dan
  2. Lokasi survei lebih akurat.
  3. waktu wawancara dapat diketahui
  4. Entri data langsung secara online
  5. Hasil survey lebih cepat
  6. Progress pengumpulan diketahui setiap
  7. Waktu delay pengiriman data diketahui setiap
  8. Response rate setiap modul diketahui setiap saat

Dengan kelebihan diatas, meningkatkan kualitas data dari sisi kecepatan pengambilan data, akurasi, dan juga meminimalisir terjadinya pengambilan data yang asal-asalan. Adanya listing door to door, pengambilan titik gps, durasi waktu wawancara, merupakan sistem yang diterapkan untuk memastikan bahwa data yg diambil oleh enumerator adalah benar dilakukan pada responden terpilih.

Baca juga:  Pengisian DAINAP Tahunan Tahun 2018 sebagai Bentuk Pemerintah Indonesia Ikut Berpartisipasi Menangani Permasalahan Narkoba di Asia Pasific

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel